News Update :
SENKOM BANGKALAN - MENEMBUS JARAK TANPA BATAS

.

.

SENKOM RESCUE : MENGETAHUI ALAT SELAM DAN FUNGSINYA

SENKOM RESCUE : MENGETAHUI ALAT SELAM DAN FUNGSINYA
SENKOM BANGKALAN | Anda ingin menyelam? bagi yang sudah memiliki pin selam maka harus bisa menyelam apalagi di Senkom Rescue telah diajarkan cara menyelam, menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang dan menjadi hobi bagi penggemarnya. Bagi orang-orang tertentu menjadi profesi seperti tim SAR selam, tukang las pipa bawah laut (underwater welding), dan tentara pasukan katak. Sebagai makhluk yang hidup di darat, manusia membutuhkan beberapa alat untuk dapat menyelam di dalam laut. Inilah peralatan yang dibutuhkan untuk menyelam. Jika Anda ingin membeli alat selam pilihlah toko yang menjual alat selam yang berkualitas. Jangan membeli alat selam pada orang yang jual alat selam bekas karena dapat membahayakan keselamatan Anda ketika menyelam.Yuk kita kenal alat selam dan fungsinya.
ALAT PERLENKAPAN SELAM

Mask
Melindungi mata dari air agar dapat melihat jelas di bawah permukaan air.

Wetsuit
Pakaian yang digunakan untuk menyelam. Penggunaannya tergantung pada lokasi penyelamannya apakah cold water atau warm water. Pada warm water, wetsuit yang digunakan menggunakan bahan yang berlapis neoprene rubber. Bahan ini tidak waterproof atau anti air sehingga air dapat tembus. Drysuit digunakan pada cold water bahan yang digunakan adalah waterproof sehingga tubuh terlindungi dari dinginnya air saat menyelam.

Buoyancy Compensator Divice (BCD)
Semacam jaket yang dapat diisi dengan dialiri udara. Fungsi Bouyancy Compensator Device adalah untuk membantu penyelam saat akan menuju permukaan air.

Fins/ Kaki Katak
Digunakan oleh penyelam untuk mempercepat gerakan saat berenang di dalam air. Semakin besar, panjang, atau lebar ukuran fins semakin cepat gerakan di dalam air.

Gauge
Alat yang menunjukkan jumlah oksigen yang ada di dalam tabung. Selain itu juga menunjukan kedalaman, kompas, tekanan udara, dan suhu saat menyelam.

Dive Computer
Menunjukan tekanan udara, kedalaman air, dan suhu dan petunjuk berapa lama penyelam dapat bertahan di dalam air.

Regulator
Berfungsi mengalirkan udara ke mulut saat bernafas di dalam air.

Tank/ Tabung Oksigen

Tabung udara ini digunakan untuk bernafas di dalam air. Tabung ini mempunyai berbagai jenis ukuran tergantung berapa lama seorang penyelam akan menyelam. Isi tabung adalah oksigen yang dibutuhkan oleh paru-paru untuk bernafas.

Glove
Sarung tangan untuk melindungi tangan dari benda laut dan susu dingin.

Snorkel
Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Digunakan untuk menyelam di permukaan/ snorkeling.

Dimikian rekan-rekan info tentang menyelam dan alat-alat yang wajib digunakan, jika masih yunior maka harus didamping oleh instruktur, semoga bermanfaat.813.Senkom Bangkalan


sumber : wikipedia, infobacaandotcom
gambar : google/scubadotcom

Share this Article on :
 

© Copyright SENKOM BANGKALAN 2010 -2015 | Modified by EGRP | Published by Senkom Bangkalan.