News Update :
SENKOM BANGKALAN - MENEMBUS JARAK TANPA BATAS

.

.

CARA SETTING FREKWENSI TYT TH UV8000D



CARA SETTING FREKWENSI TYT TH UV8000D

Pusing dengan cara setting frekwensi HT ini di Youtube gak ada di browsing, buku petunjuk juga, maklum model baru, akhirnya ada versi TYT sebelumnya, ternyata mirip, tapi ada tombol yang tidak sama dan jenis item pilihan yang beda. setelah utak atik akhirnya ketemu juga. setidaknya berbagi sesama pengguna radio.

Silahkan dipraktekkan, semoga berhasil

Mengubah Step Setting VFO/ Frekwensi:
Jika anda memasukkan frekwensi tertentu, namun yang anda masukkan tidak sesuai dengan yang tampil di layar, anda harus mengubah step (kelipatan) frekwensi (0.5, 2.5, 5.0, 6.25, 10, 12.5, 25, 37.5, 50, 100) untuk lebih detail bisa menggunakan 0.5 K. Caranya tekan F lalu ketik 34, di layar akan muncul STEP. Tekan F untuk masuk, lalu tekan tombol panah atas bawah untuk mengubah. Tekan F untuk menyimpan setting baru, tekan U/V untuk keluar dari menu.

Menyimpan Memory TYT TH-UV8000D:
Masuk mode VFO
Pilih frekwensi yang hendak anda simpan, lalu tekan F, lalu tekan tombol U/V, di sebelah kanan layar akan muncul nomor channel
Nomor channel bisa anda ubah dengan tombol panah atas bawah, jika nomor berkedip-kedip, berarti nomor channel tersebut sudah terpakai sebelumnya. Anda bisa menyimpan di nomor channel manapun, jika sudah terpakai akan tertimpa dengan memory baru.
Setelah memilih di nomor channel, tekan tombol U/V untuk menyimpan frekwensi tersebut.
Semua setting yang menyertai akan turut disimpan, termasuk setting power (high/ low), setting tone squelch, setting offset frekwensi, dan lainnya.

Menyimpan Memory Repeater:
Misalnya anda ingin menyimpan frekwensi RX: 146.700, TX: 146.100, Duplex -0.600 (Duplex didapat TX-RX) Tone: 88.5, Power: Low
Masuk mode VFO
Pilih frekwensi RX repeater: ketik 146.700 di keypad.
Kemudian, pilih frekwensi TX repeater: tekan F lalu ketik 33 di keypad. Di layar akan muncul OFFSET, tekan F untuk masuk menu offset lalu masukkan selisih antara frekwensi RX dan TX, dalam hal ini selisihnya adalah 600KHz, ketik 00600 lalu tekan F untuk konfirmasi, lalu tekan U/V.
Anda perlu mengeset arah offset (+/ -), dalam contoh ini karena TX lebih kecil daripada RX, maka arah offset adalah minus (-). Untuk mengeset arah offset, tekan F, lalu ketik 32, maka di layar akan muncul S-D, tekan F sekali lagi untuk masuk ke menu tersebut, lalu tekan tombol panah atas hingga di layar muncul  tanda minus (-), lalu tekan F untuk menyimpan, dan tekan U/V untuk keluar menu. Sampai disini, di bagian atas layar akan muncul tanda - (minus).
Langkah selanjutnya adalah mensetting tone squelch atau PL (untuk repeater tanpa tone atau NETRAL, maka langkah ini dapat diabaikan). Tekan tombol F lalu ketik 31 sehingga di layar muncul T-CDC. Tekan F untuk mengubah menu, lalu tekan * hingga di layar bagian bawah muncul 67.0, tekan tombol panah atas berkali-kali hingga muncul 88.5, lalu tekan F sekali untuk save, lalu tekan U/V untuk kembali ke VFO. Hingga saat ini di layar bagian atas akan muncul huruf DS.
Ubah setting power dengan cara masuk ke menu, tekan F, lalu tekan angka 4, lalu tekan F untuk masuk, lalu tekan tombol panah atas bawah untuk memilih LOW, tekan F untuk menyimpan, lalu tekan U/V hingga kembali ke VFO. Sampai disini, di bagian atas layar akan muncul huruf L.
Setelah kembali ke VFO, test dulu apakah jika tombol PTT di tekan, frekwensi sudah berubah.
Lakukan langkah penyimpanan dengan menekan tombol F lalu #, pilih nomor channel dengan tombol atas/ bawah, lalu tekan F untk menyimpan.
Setting repeater hanya bisa di satu band, tidak bisa cross-band (misal: RX di VHF, TX di UHF).

Menghapus (delete) Memory Channel:
Jika ingin menghapus channel memory yang sudah tersimpan, ikuti langkah ini:
Pastikan HT berada di mode CH atau MR
Matikan HT, tekan dan tahan tombol U/V, sambil nyalakan HT
Pada layar akan terlihat DEL? dan pada pojok kanan atas ada nomor channel yang aktif berkedip-kedip.
Tekan panah atas / bawah untuk memilih channel yang akan dihapus, lalu tekan F untuk konfirmasi menghapus.
Ulangi langkah 4 untuk menghapus channel lain. Matikan dan nyalakan kembali HT jika sudah selesai.

RESET:
Lakukan RESET untuk menghapus semua memory channel, HT salah setting atau sekedar ingin mengembalikan ke setting awal TYT TH-UV8000D:
Matikan HT. Tekan dan tahan tombol F, lalu nyalakan HT. Pada layar akan muncul RESET? Tekan F, dilayar akan muncul VFO? Ada beberapa pilihan:
Tekan F untuk mereset channel, atau
Tekan panah atas/ bawah untuk memilih FULL? lalu tekan F untuk mereset semua setting ke settingan awal.
Share this Article on :
 

© Copyright SENKOM BANGKALAN 2010 -2015 | Modified by EGRP | Published by Senkom Bangkalan.